Senin, 08 April 2019

Wisata Barcelona, Kota Cantik di Tepi Laut Mediterania, Spanyol

Masih tetap di Spanyol, sesudah Madrid, saat ini kita ke arah ke tujuan wisata setelah itu, yakni Barcelona.




Barcelona adalah ibu kota sekaligus juga kota paling besar di community Catalonia. Dengan geografis, Barcelona terdapat di lokasi timur Spanyol, di pantai Laut Mediterania. Kota ini terdapat diantara 2 muara sungai yakni Llobregat serta Besòs, dan dibatasi oleh pegunungan Sierra de Collserola di samping barat. Barcelona adalah kota menyebar ke-2 di Spanyol dengan jumlahnya masyarakat seputar 1,6 juta jiwa pada tahun 2015. Buat pengagum sepak bola, kota ini pasti tidak asing , sebab satu diantara club sepak bola terkenal Eropa, FC Barcelona, berasal dari kota ini, persisnya di Camp Nou. Bandara internasional penting di kota ini ialah Barcelona-El Prat Airport, yang pula adalah bandara paling besar ke-2 di Spanyol. Dari Madrid, Paris, Marseille, serta Toulouse, kota ini dapat juga diraih dengan memakai kereta lewat stasiun Barcelona Sants.

Landmark serta obyek wisata yang seringkali didatangi oleh beberapa traveler di Barcelona diantaranya:

1. Park Güell
Park Güell - photo oleh Bernard Gagnon Park Güell (Parc Güell) ialah satu taman kota yang terdapat di La Respek, distrik Grácia, Barcelona. Yang unik dari taman ini ialah, bila taman-taman kota pada biasanya berbentuk didominasi oleh tanaman, jadi Park Güell didominasi oleh bangunan-bangunan berarsitektur unik. Taman ini pertama-tama dibuat pada awal tahun 1900-an diatas bukit Carmel Hill, yang adalah sisi dari pegunungan Collserola. Sebelumnya, taman ini bernama Park del Camel, tapi lalu lebih diketahui dengan nama Park Güell untuk menghargai pendirinya, Eusebi Güell, seseorang enterpreneur Spanyol. Bagian-bagian penting taman ialah Gaudi House Museum, Gaudi’s Mosaic, Bird Nest, Doric Column, Casa Martí, serta Pavilion. Pada tahun 1984, Park Güell dimasukkan ke rincian UNESCO World Heritage Site. Obyek wisata ini dibuka sehari-hari mulai jam 8 pagi sampai 8 malam.

Baca juga:   lokasi pohon trinil lamongan   dan   wisata lamongan

2. Sagrada Família
Sagrada Familia - photo oleh Bernard Gagnon Sagrada Família, nama selengkapnya Basílica i Temple de la Sagrada Família, ialah gereja Katorlik Roma yang memiliki ukuran besar yang terdapat di Carred de Mallorca, Barcelona. Gereja ini dibuat oleh seseorang arsitek terkenal Spanyol, Antoni Gaudí, pada tahun 1882 tapi tidak usai. Meskipun begitu, gereja ini masih aktif dipakai sampai sekarang ini serta pada tahun 1984 dimasukkan ke rincian UNESCO World Heritage Site. Bangunan gereja mempunyai arsitektur kombinasi Gothic serta Art Nouveau, dengan panjang 90 meter serta lebar 60 meter, dan diperlengkapi dengan 8 pucuk menara yang semasing mempunyai tinggi 170 meter. Sagrada Família direncanakan akan dituntaskan pada tahun 2026, dengan menambahkan 10 pucuk menara.

3. Plaça de Catalunya
Plaça de Catalunya - photo oleh Rauenstein Plaça de Catalunya, atau Catalonia Square, ialah satu lapangan yang adalah pusat kota Barcelona. Sebelum era ke-19, ruang ini dulunya pula adalah Old City (Ciutat Vella) Barcelona. Plaça de Catalunya adalah persimpangan beberapa jalan penting di kota seperti Passeig de Grácia, Rambla de la Catalunya, serta La Rambla atau Portal de l’Angel. Di lapangan ini seluas 5 hektar ada bermacam jenis patung, monumen, air mancur, yang populer ialah Catalunya a Francesc Macià. Di ruang ini pula seringkali bergabung beberapa puluh bahkan juga beberapa ratus burung merpati, khususnya pada pagi hari. Sebab letaknya pas di pusat kota, obyek wisata ini begitu gampang dijangkau, baik dengan memakai metro, bis, kereta, serta nitbus (bis malam).

4. La Rambla
La Rambla - photo oleh Marcela Tidak hanya Plaça de Catalunya, ruang wisata yang lain di pusat kota Barcelona yang seringkali didatangi oleh wisatawan ialah La Rambla, satu jalan selama 1,2 km yang membentang dari Plaça de Catalunya sampai ke Monumen Christopher Columbus di Port Veil. Jalan ini bersebelahan dengan Barri Gòtic (Gothic Quarter) di samping timur, serta El Raval di samping barat, dan cuma diutamakan buat pejalan kaki. Di selama jalan ini berderet beberapa kios, café, toko souvenir, serta pedagang bunga, yang tetap ramai didatangi, baik di siang ataupun malam hari. Dua landmark penting yang ada di jalan ini ialah satu mozaik karya Joan Miró, air mancur Font de Canaletes, serta pasar La Boqueria.

5. Casa Milà
Casa Milà - photo oleh Canaan Casa Milà, atau lebih diketahui dengan nama La Padrera, ialah satu bangunan rumah berarsitektur Moderen yang terdapat di Passeig de Gràcia, Barcelona. Rumah ini pertama-tama dibuat pada tahun 1906 serta adalah design arsitek Antoni Gaudí. Dimaksud Casa Milà sebab rumah ini adalah punya seseorang pelaku bisnis, Pere Milà i Camps, serta istrinya, Roser Segimon i Artells. Saat dibuat, rumah ini dipandang tidak normal serta memetik pro-kontra, sebab arsitekturnya yang ganjil, tidak seperti rumah-rumah lainnya pada biasanya. Tapi seiring waktu berjalan, rumah ini dipandang seperti satu diantara bangunan inovatif di Barcelona, hingga pada tahun 1984 dimasukkan ke rincian UNESCO World Heritage Site. Obyek wisata ini dibuka sehari-hari mulai jam 9 pagi sampai 11 malam.

6. Montjuïc Castle
Montjuïc Castle - photo oleh Oleg Khalimov Montjuïc Castle, atau Castell de Montjuïc, ialah satu kastil yang terdapat diatas bukit Montjuïc, Barcelona. Kastil ini pertama-tama dibuat seputar tahun 1640 menjadi benteng pertahanan militer. Saat berlangsung Serangan Barcelona pada tahun 1750, kastil ini sudah sempat jatuh ke tangan tentara Inggris. Saat berlangsung Perang Napoleon, kastil ini sempat juga jatuh ke tangan Prancis. Pada tahun 1963, Montjuïc Castle lalu jadikan museum. Untuk sampai kastil ini, pengunjung dapat memakai cable car yang tersambung dengan Barcelona Metro lewat stasiun Paral•lel. Diatas bukit, stasiun cable car itu terdapat pas di dekat pintu masuk. Obyek wisata ini dibuka sehari-hari mulai jam 10 pagi sampai 8 malam.

7. Museu Nacional d’Art de Catalunya
Museu Nacional d’Art de Catalunya - photo oleh Jvhertum Museu Nacional d’Art de Catalunya (MNAC) ialah museum seni nasional Catalan yang terdapat di Palau Nacional, Parc de Montjuïc, Barcelona. Sama dengan Montjuïc Castle, Museum Catalunya terdapat diatas bukit Montjuïc, persisnya di ujung jalan Avinguda de la Reina Maria Cristina. Museum ini pertama-tama dibuka pada tahun 1934, walau bangunan museum, Palau Nacional, sudah dibuka semenjak tahun 1929. Jumlahnya koleksi yang berada di museum ini seputar 290 ribu objek, yang populer ialah koleksi lukisan-lukisan gereja Katolik Roma, yang dibikin pada era ke-19 sampai era ke-20. Diluar itu, museum ini pula mempunyai koleksi lukisan Gothic yang berasal dari era ke-13 sampai era ke-15. Museum Catalunya pula diperlengkapi dengan perpustakaan serta sarana pendukung pendidikan. Obyek wisata ini dapat didatangi sehari-hari Selasa sampai Minggu mulai jam 10 pagi sampai 8 malam.

8. Camp Nou
Camp Nou - photo oleh Oh-Barcelona.com Obyek wisata paling akhir ialah Camp Nou, markas satu diantara club sepak bola raksasa Eropa, FC Barcelona, yang terdapat di C. Aristines Mailol, Barcelona. Camp Nou, atau Nou Camp (New Field), pertama-tama dibuat pada tahun 1954 untuk menukar stadion FC Barcelona yang lama, Camp de Les Corts. Stadion ini mempunyai kemampuan 99.354 kursi, termasuk juga di dalamnya 23 executive suite. Camp Nou adalah stadion sepak bola paling besar di Spanyol serta di semua lokasi Eropa. Beberapa laga penting yang sempat dilangsungkan di stadion ini diantaranya semi-final Piala Dunia tahun 1982, 2x final Liga Champions, dan laga sepak bola pada Olimpiade Musim Panas (Summer Olympics) tahun 1992. Dari pusat kota, Camp Nou dapat diraih dengan memakai tram, metro, bis, serta nitbus (bis malam).

Nah rekan-rekan, demikian info mengenai Wisata Barcelona, kota cantik di pinggir Laut Mediterania, Spanyol. Mudah-mudahan berguna. Sampai jumpa di trip selanjutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar