Selasa, 02 April 2019

10 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Sharing ke rekan kamu Menjadi kota paling besar di Jawa Tengah, Semarang sudah jadi satu diantaranya kota yang seringkali didatangi wisatawan, baik untuk kepentingan usaha atau sebatas pelesir. Kunjungan wisatawan yang tinggi itu juga di dukung dengan bermacam obyek wisata yang variasi. Wisatawan bisa temukan obyek wisata alam yang indah, obyek wisata bersejarah, atau obyek wisata yang pas untuk berburu photo narsis.


Lantas, obyek wisata menarik apa yang dapat didapati di Kota Semarang? Di bawah ini referensi 15 obyek wisata di semarang yang sangat popular serta bisa Anda datangi di Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah ini:

1. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Bertandang ke Semarang akan tidak berasa komplet jika tidak hadir ke lokasi Kota Lama Semarang. Obyek wisata di Semarang ini sudah lama diketahui menjadi tempat wisata sangat popular di Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah itu. Ditambah lagi, jika Anda ialah seseorang yang suka berburu photo. Jejeran bangunan tua bergaya Eropa classic, sering jadi buruan beberapa photografer.

Di lokasi Kota Lama Semarang, Anda akan menjumpai kehadiran beberapa tempat yang sering di ramaikan oleh pengunjung. Gereja Blenduk dengan atap berupa kubah jadi pilihan favorite pertama. Suasananya juga semakin asik karenanya ada Taman Srigunting yang terdapat di muka gereja. Jika ingin tampil narsis, dapat menyewa sepeda tua sambil berfoto dengan latar belakang Gereja Blenduk.

Ada juga Kafe Spiegel yang tawarkan tempat kuliner unik dengan situasi bangunan classic. Tidak hanya Spiegel, jejeran kafe lainnya yang pula tawarkan situasi ala jaman kolonial pula cukuplah banyak. Salah satunya ialah Kafe Nuris, Tekodeko, atau Retro Cafe.


2. Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang

Waktu bertandang ke Kota Lama, Anda dapat juga meluangkan waktu untuk singgah ke Kampung Batik Semarang. Obyek wisata di Semarang ini ada tidaklah terlalu jauh dari lokasi Kota Lama, terdapat di Kelurahan Rejamulya, Semarang Timur. Wisatawan dapat ke arah ke obyek wisata ini dengan melalui gang masuk yang terdapat di samping Hotel Horison. Ada pintu gerbang bertuliskan Kampung Batik disana.

Sesuai namanya, Kampung Batik Semarang ini adalah obyek wisata berbelanja yang jadi pusat kerajinan batik asal Semarang. Anda dapat menjumpai jejeran toko yang tawarkan beberapa type batik ciri khas Semarang. Batik Semarang sama dengan skema Tugu Muda, Lawang Sewu, pohon asem, burung blekok, dan lain-lain. Diluar itu, batik dari sini pula condong mempunyai warna yang jelas.

Harga batik di Kampung Batik Semarang juga tidaklah terlalu mahal. Anda dapat temukan macam batik dengan bandrol seputar Rp50 ribu. Jika ingin, dapatlah meluangkan waktu untuk belajar langkah membatik dan lihat proses membuatnya. Menjadi info penambahan, tempat ini membuka dari jam 08.00 sampai 18.00 WIB.

Baca juga : harga tiket masuk claketadventure park dan lokasi claket adventure park

3. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Obyek wisata di Semarang yang harus didatangi selanjutnya ialah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini mempunyai keunikan berupa enam payung elektrik di serambi yang membuat serupa dengan Masjid Nabawi. Enam payung berdiameter 14 meter itu umumnya di kembangkan waktu penyelenggaraan Salat Idulfitri serta Iduladha.

Ada juga 25 pilar yang menyengaja dibuat serupa dengan Coloseum yang berada di Kota Roma, Italia. Jumlahnya pilar itu adalah representasi jumlahnya nabi serta rasul yang harus didapati dalam Agama Islam. Di pintu gerbang, pengunjung dapat lihat tulisan ‘Sucining Guno Gapuraning Gusti’ dalam huruf Arab Melayu dan dua kalimat syahadat.

Menara Asmaul Husna yang mempunyai tinggi 99 meter tidak bisa ditinggalkan waktu bertandang ke Masjid Agung Jawa Tengah. Beberapa pengunjung diijinkan untuk naik ke pucuk menara ini serta lihat panorama Kota Semarang dan masjid dari ketinggian. Catatan, Anda akan dipakai cost jika naik ke pucuk menara ini.

4. Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu dapat jadi persinggahan menarik selanjutnya di Kota Semarang. Sering dikatakan sebagai bangunan yang angker, Lawang Sewu adalah gedung tua yang dulunya berperan menjadi kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). NIS diketahui menjadi perusahaan yang bangun jalan kereta pada Semarang dengan Solo serta Jogja.

Gedung yang dibuat pada tahun 1904 ini mempunyai bentuk yang begitu unik dengan keunikan memiliki banyak pintu serta jendela. Sebab banyaknya yang banyak, penduduk ditempat juga menyebutkan bangunan ini menjadi Lawang Sewu, yang berarti seribu pintu. Walau, sebenarnya jumlahnya pintu pada gedung tiga lantai ini tidak sampai angka 1.000 serta cuma memiliki 429 pintu.

Bermacam cerita mistis menyelimutinya obyek wisata di Semarang ini. Konon, ada lokasi-lokasi angker yang dapat didapati di gedung. Salah satunya ialah pada ruang sumur tua, pintu penting, penjara berdiri, penjara bawah tanah, penjara jongkok, dan ruangan penyiksaan tawanan. Beberapa penampakan juga beritanya seringkali berlangsung di obyek wisata ini. Mulai dari hantu tentara Belanda, kuntilanak, genderuwo, dan sebagainya.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Wisatawan pula berpeluang untuk rasakan pengalaman unik lewat cara menaiki lokomotif tua waktu bertandang ke Semarang lewat cara bertandang ke Museum Kereta Api Ambarawa. Bahkan juga, wisatawan bisa pilih, naik kereta uap atau kereta yang memakai mesin diesel. Ada dua rute kereta wisata yang dapat diambil, yaitu Ambarawa-Tuntang serta Ambarawa-Bedono. Menjadi catatan, rute Ambarawa-Bedono cuma menyiapkan perjalanan dengan kereta uap.

Obyek wisata di Semarang ini dulunya adalah tempat Stasiun Ambarawa, yang dibuat pada tanggal 21 Mei 1873 oleh Raja Willem I dari Belanda. Stasiun itu ditutup pada tahun 1976 serta dengan sah mulai beralih manfaat jadi museum. Di obyek wisata di Semarang ini, wisatawan dapat lihat sekitar 21 lokomotif yang mempunyai peranan terpenting dalam waktu perjuangan kemerdekaan, terpenting menjadi fasilitas transportasi beberapa tentara.

Museum Kereta Api Ambarawa yang berada di Kabupaten Semarang ini pula jadi satu diantara tiga tempat yang menaruh lokomitif uap bergerigi bikinan Hannoversche Maschinenbau AG. Beritanya, cuma ada tiga kereta uap mode semacam ini yang masih tetap tersisa. Dua kereta yang lain tersimpan di Swiss serta India. Bertandang ke obyek wisata di Semarang ini, wisatawan juga mempunyai peluang langka berfoto dengan kereta kuno. Jarang-jarang, kan?

6. Klenteng Sam Poo Kong



Klenteng Sam Poo Kong

Diketahui menjadi kota mult ietnis, Semarang pula jadi tempat yang menarik untuk melihat keanekaragaman suku. Satu diantaranya obyek wisata di Semarang yang pas untuk pekerjaan itu ialah Klenteng Sam Poo Kong yang adalah tempat melaksanakan ibadah etnis Tionghoa di Semarang. Obyek wisata di Semarang ini dibuat di tempat kehadiran laksamana dari Tiongkok yang populer, yaitu Laksamana Cheng Ho pada tahun 1400-an.

Klenteng yang terdapat di lokasi Simongan, Semarang ini mempunyai design arsitektur ciri khas Tiongkok. Warna merah juga jadi warna menguasai pada bangunan kelenteng. Kompleks kelenteng yang pula dinamai Klenteng Gunung Batu ini mempunyai luas sampai 3,2 hektare. Di dalamnya ada lima bangunan, yaitu Sam Poo Kong, Tho Tee Kong, Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkat, dan Kyai Cundrik Bumi.

7. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Pagoda Avalokitesvara di Watugong bisa jadi alternatif lain obyek wisata menarik di kota multi etnis ini. Pagoda yang jadi sisi dari Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong ini mempunyai ketinggian 45 meter serta ada 7 lantai di pagoda ini. Pada semasing tingkat, ada patung Dewi Kwan Im yang diposisikan menghadap keempat pelosok mata angin.

Obyek wisata di Semarang ini mempunyai bentuk yang unik, hampir sama dengan pagoda yang berada di negeri Tiongkok. Beberapa wisatawan yang hadir ke obyek wisata di Semarang ini sering habiskan saatnya untuk berfoto dengan latar belakang pagoda. Jika ingin, wisatawan dapat juga ikuti ritual tjiam shi yang mempunyai tujuan untuk meramal nasib. Ritual ini sering dikerjakan oleh umat Budha yang tengah melaksanakan ibadah di kompleks vihara.





8. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Kompleks Candi Gedong Songo yang terdapat di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang dapat jadi persinggahan selanjutnya. Ada di lereng Gunung Ungaran, obyek wisata di Semarang ini bukan sekedar jadi obyek wisata bersejarah tetapi dikenal juga menjadi obyek wisata yang tawarkan panorama memikat. Menjadi bonus, Anda pun akan menjumpai kolam pemandian air panas alami di kompleks candi ini.

Sesuai namanya, Candi Gedong Songo ini terdiri dari sembilan bangunan candi. Menariknya, candi ini dahulu sudah sempat dinamai Candi Gedong Pitu, sebab pada waktu itu cuma diketemukan sekitar tujuh candi. Baru pada rentang 1908-1911, diketemukan kembali dua candi di ruang yang sama hingga namanya juga menjadi Candi Gedong Songo. Candi-candi itu didapati adalah peninggalan dari Wangsa Syailendra yang berkuasa pada era ke-9 Masehi.

9. Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa

Pada saat ada di lokasi Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Anda dapat juga meluangkan hadir ke Benteng Pendem yang pula dinamai Benteng Willem I. Benteng ini dibuat oleh Belanda pada tahun 1834. Walau sudah berumur lebih dari 1 era, bangunan benteng ini masih tetap berdiri kuat. Beberapa wisatawan yang hadir ke obyek wisata di Semarang ini sering membuatnya menjadi objek photo yang menarik.

Tetapi, ada perihal yang mesti dilihat jika bertandang ke obyek wisata di Semarang ini. Benteng Pendem Ambarawa ada di lokasi Kompleks Lapas Kelas II Ambarawa, hingga beberapa pengunjung diwajibkan untuk minta izin lebih dulu. Tidaklah terlalu susah, buktinya obyek wisata ini tetap ramai dengan wisatawan. Bahkan juga, pemungutan gambar film Soekarno yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dikerjakan di obyek wisata di Semarang yang satu ini.

10. Eling Bening Ambarawa

Eling Bening Ambarawa

Jika ingin mencari obyek wisata dengan sarana lengkap, bisa pilih bertandang ke Eling Bening Ambarawa. Di obyek wisata di Semarang ini, Anda bukan sekedar dapat melihat panorama indah. Ada juga beberapa sarana simpatisan seperti kolam renang, restoran, sarana outbond, ruang berkemah, kafe, sampai ruangan pertemuan. Tidaklah heran jika Eling Bening seringkali jadi pilihan untuk beberapa kegiatan, baik berlibur keluarga atau berlibur bersama dengan rekanan kantor.

Lokasi Wisata Eling Bening ini memang mempunyai panorama mempesona. Di obyek wisata di Semarang ini, Anda dapat melihat suguhan panorama jejeran delapan gunung. Bukan sekedar itu, Anda dapat juga lihat keindahan Rawa Pening, ruang persawahan, dan perkebunan kopi di sekelilingnya. Panorama akan makin mengagumkan jika Anda hadir ke tempat ini pada sore hari, ditemani situasi matahari tenggelam. Asik, deh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar