Rabu, 08 Mei 2019

11 Museum Terbaik di Indonesia, Referensi Wisata Asyik Selama Ramadan

Sepanjang Ramadan, beberapa orang pilih memendam kemauan traveling-nya. Karena, berlibur umumnya membuat kita lebih haus serta cepat lapar.

Bukan bermakna tidak dapat berlibur benar-benar, ada banyak tujuan yang wajar kamu datangi sepanjang berpuasa. Contohnya museum.

Kita dapat lakukan beberapa hal di museum, seperti belajar riwayat, kenal suatu lebih mendalam, berpose ala selebgram, serta masih banyak yang yang lain. Nah, 11 museum ini mungkin saja referensi wisatamu sepanjang Ramadan.

Baca juga : jalan menuju pantai sendang biru dan pantai sendang biru dan pulau sempu


1. Museum Rekor Indonesia - Semarang

Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diresmikan pada 1990 ini terdapat di kota Semarang. Museum ini mencatat beberapa kumpulan rekor yang sudah dikerjakan beberapa orang Indonesia.

Nyatanya, museum ini terima banyak tanggapan positif, bahkan juga membuat ketertarikan mereka naik untuk pecahkan rekor yang ada. Bahkan juga nilainya bukan sekedar nasional, tetapi telah level internasional.

Tertarik buat pecahkan rekor? Mari cek rekor yang sudah ada awalnya dahulu!

2. Museum House of Sampoerna - Surabaya

Museum House of Sampoerna ini dahulunya adalah bangunan yang dibuat untuk gedung pentas perusahaan Sampoerna. Di lantai satu, kamu dapat lihat perubahan riwayat bentuk rokok-rokok dari pertama dibikin sampai saat ini.

Untuk lantai dua, kamu dapat melihat bagaimanakah cara rokok dibikin dari atas. Tetapi, kamu tidak diijinkan untuk ambil photo di lantai dua ini. Tempat ini menyiapkan cafe yang dapat membuat kamu istirahat sesaat.

Baca juga : rute pantai sendang biru dan akses ke pantai sendang biru



3. Museum Ullen Sentalu - Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu terdapat di Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, ini menaruh peninggalan Jawa Kuno waktu Dinasti Mataram. Ullen Sentalu berasal dari bahasa Jawa "Ulating blencong sejatine tataraning lumaku", yang bermakna "nyala lampu wayang kulit adalah panduan manusia dalam mengambil langkah serta melalui kehidupan."

Semua koleksi di museum ini tidak dikasih cap keterangan apa pun. Tetapi, mereka menyiapkan guide yang menceritakan panjang lebar masalah koleksi yang dipertunjukkan.

4. Museum Fatahillah - Jakarta

Museum Fatahillah terdapat di Jakarta Barat, persisnya lokasi Kota Tua. Arsitektur bangunannya seperti masa era pertengahan dengan supremasi warna putih. Museum ini sempat jadi Balai Kota Jakarta di masa Batavia Lama.

Gedung yang semula balai kota ini menjadi museum untuk menaruh peninggalan di masa itu. Di dalamnya, ada seputar 23.500 barang bersejarah yang dapat kamu lihat sekaligus juga belajar.

5. Museum Angkut - Batu

Museum Angkut yang terdapat di Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur, ini tampilkan koleksi transportasi. Bukan sekedar dari Indonesia, kamu dapat juga lihat bermacam koleksi dari penjuru dunia.

Bahkan juga, museum ini dikatakan sebagai museum transportasi pertama serta paling besar di Asia Tenggara. Kamu dapat lihat koleksi sepeda, mobil, kapal, serta pesawat di sini. Jika kamu tidak begitu senang lihat koleksi transportasi, kamu dapat nikmati penampilan landmark dari penjuru dunia.

Baca juga : rute menuju pantai sendang biru

6. Museum Nasional Indonesia - Jakarta

Museum yang dibangun pada 1778 ini menaruh bermacam koleksi dari semua Indonesia, seperti arca, prasasti, dan lain-lain. Koleksinya sekitar seputar 141 ribu yang membuatnya jadi museum paling besar di Indonesia.

Di muka museum ada patung gajah perunggu yang diberi oleh Raja Chulalongkorn dari Thailand pada 1871. Karena itu dari itu, museum ini mempunyai nama lain jadi Museum Gajah.

7. Museum Blanco Renaissance - Ubud

Bali diketahui dengan keindahan wisata alamnya yang jadi tujuan beberapa pelancong. Nyatanya, kamu dapat juga nikmati penampilan kesenian yang menarik, seperti Museum Blanco Renaissance.

Museum ini dibangun Antonio Blanco, seniman berdarah Spanyol yang berkeliling-keliling dunia untuk memahami dunia seni. Pada 1952, Antonio berhenti di Bali serta membangun museum ini. Koleksi yang dipertunjukkan berbentuk lukisan karya Antonio sewaktu hidupnya.

Baca : 10 Masjid Paling tua di Indonesia Ini Jadi Wisata Harus Waktu Ramadan

8. Museum Tsunami Aceh - Banda Aceh

Museum yang satu ini dibikin untuk menghargai insiden gempa bumi serta tsunami pada 2004. Koleksi yang dipertunjukkan berbentuk simulasi elektronik gempa bumi serta tsunami 2004.

Diluar itu, kamu dapat juga lihat photo korban serta cerita tentang korban selamat. Mengenai manfaat yang lain jadi pusat pendidikan serta tempat perlindungan darurat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang membuat design museum kece ini.

9. Museum Anak Kolong Tangga - Yogyakarta

Pada 2008, Rudi Corens membuat Museum Anak Kolong Tangga yang berisi koleksi buku narasi, mainan, dan sebagainya. Jumlahnya koleksinya melebihi 16 ribu yang dapat membuat kamu throwback ke waktu kecilmu.

Museum ini dibikin sebab ada kecemasan pada beberapa anak atau remaja yang makin melupakan budaya sendiri. Tidak ada museum yang mempunyai ide semacam ini, hingga jadi hanya satu museum mainan di Indonesia.

10. Museum Geologi - Bandung

Pada 23 Agustus 2000, Museum Geologi diresmikan untuk tempat lihat koleksi bebatuan, mineral, fosil, dan lain-lain. Diluar itu, tempat ini dipakai untuk riset serta pendidikan.

Di lantai satu, kamu dapat memperoleh info tentang bagaimana tempat bumi di skema tata surya, tatanan tektonik, kondisi geologi pulau-pulau, serta fosil riwayat manusia. Di lantai dua, kamu dapat melihat maket pertambangan emas, mulai dari manfaatnya sampai eksplorasinya.

11. Museum Siwalima - Ambon

Museum Siwalima terdapat di Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku. Menariknya, tempat museum ini ada diatas bukit yang langsung menghadap Teluk Ambon, hingga meningkatkan keindahannya.

Siwalima berasal dari dua kata yakni 'siwa' serta 'lima'. Siwa diambil dari Ulisiwa yang bermakna sembilan, sedang 'lima' dari Patalima bermakna lima. Koleksi yang dipertunjukkan terdiri dari geologi, kelautan, biologika, serta masih banyak yang yang lain.

Itu 11 museum paling baik di Indonesia yang dapat kamu buat jadi rujukan wisata sepanjang Ramadan. Kuy lah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar