Kamis, 16 Mei 2019

Menelusuri Keindahan 5 Gunung Cantik di Pegunungan Alpen Swiss

Sesudah mengunjung beberaoa tujuan wisata di Swiss, saat ini kita akan berekreasi ke sejumlah gunung serta pegunungan cantik di Swiss yang tetap ramai didatangi oleh beberapa traveler. Semua gunung serta pegunungan ini adalah sisi dari Pegunungan Alpen.

Swiss sendiri adalah satu negara cantik yang terdapat region Eropa Tengah. Negara ini tidak bersebelahan dengan laut. Daerah daratan Swiss dibagi jadi 3 sisi penting yakni Pegunungan Alpen, Dataran Tinggi Swiss, serta Pegunungan Jura. Di samping utara negara ini bersebelahan dengan Jerman; di samping timur dengan Austria serta Liechenstein; di samping selatan dengan Italia; serta di samping barat dengan Prancis. Dengan administratif, negara Swiss dibagi ke 26 daerah yang dimaksud canton. Lapangan terbang internasional penting di negara ini ialah Zürich International Airport (ZRH) yang terdapat di Kloten, seputar 13 km dari pusat kota Zürich.

Tersebut 5 gunung cantik di Pegunungan Alpen Swiss yang seringkali didatangi oleh pelancong:


1. Titlis
Titlis, Swiss Titlis, atau Mount Titlis, adalah pegunungan yang terdapat di daerah tengah Swiss, persisnya di perbatasan canton Obwalden serta Berne. Pegunungan ini adalah sisi dari Uri Alps dengan pucuk paling tinggi 3.238 meter diatas permukaan laut. Titlis adalah pegunungan paling tinggi yang terdapat di samping utara Susten Pass, antara Bernese Oberland serta Central Switzerland. Titlis biasanya diraih lewat Engelberg yang terdapat di canton Obwalden.

Engelberg, Swiss Engelberg sendiri terdapat di samping utara Titlis, dan mempunyai satu jalan cable-car melingkar. Jalan itu menyambungkan Engelberg (996 m) dengan pucuk Klein Titlis (3.028 m), dan lewat 3 ruang yakni Gerschnialp (1.262 m), Trübsee (1.796 m), serta Stand (2.428 m). Sisi paling akhir dari jalan cable-car itu akan bawa pengunjung ke arah ke gua gletser. Di Klein Titlis, pelancong dapat berkunjung ke gua gletser dari pintu masuk di stasiun cable-car. Di pintu masuk itu ada banyak restoran serta toko souvenir. Di pucuk ini ada Titlis Cliff Walk, yang adalah jembatan gantung paling tinggi di dunia. Dari jembatan itu, pengunjung dapat nikmati pemandangan semua Pegunungan Alpen Swiss.

2. Jungfrau
Jungfrau, Swiss Jungfrau adalah satu diantara pucuk penting di jejeran Pegunungan Bernese Alps. Gunung setinggi 4.158 meter ini terdapat di daerah selatan Swiss, persisnya antara canton Bern (Lauterbrunnen) serta Valais (Fieschertal). Pucuk ini adalah yang paling tinggi ke-3 di jejeran Pegunungan Bernese Alps sesudah Finsteraarhorn serta Aletschhorn. Dengan Eiger (3.967 m) serta Mönch (4.107 m), Jungfrau membuat tembok alam raksasa di jejeran Pegunungan Alpen Swiss, persisnya antara daerah Bernese Oberland serta Dataran Tinggi Swiss. Tembok alam selama 10 km berikut yang batasi lembah Lauterbrunnen serta Grindelwald.

Jungfraubahn, Swiss - photo oleh Salamanamanjaro at English Wikipedia Jungfrau dapat diraih dengan kereta Jungfraubahn, satu jalan kereta dengan roda penggerak yang menyambungkan Kleine Scheidegg serta Jungfraujoch. Stasiun kereta Jungfrau terdapat pada ketinggian 3.454 m dan adalah stasiun kereta paling tinggi di Eropa. Jungfraujoch sendiri adalah lembah yang terdapat antara Mönch serta Jungfrau. Sebab keindahannya, ruang itu jadi satu diantara ruang wisata favorite di daerah Pegunungan Alpen. Pada tahun 2001, dengan Gletser Aletsch, daerah Jungfrau dimasukkan ke daftar UNESCO Wolrd Heritage Site dengan nama Jungfrau-Aletsch.

3. Matterhorn
Matterhorn, Swiss Matterhorn (Cervino / Mont Cervin) adalah satu diantara pucuk Pegunungan Alpen yang terdapat di perbatasan Swiss serta Italia. Pucuk ini adalah sisi dari Monte Rosa, ruang Penine Alps. Matterhorn adalah satu diantara pucuk paling tinggi di Pegunungan Alpen dan semua daerah Eropa, dengan ketinggian 4.478 meter dari permukaan laut. Pucuk ini seringkali dijuluki jadi Mountain of Mountains (Berg der Berge) dan adalah satu diantara simbol negara Swiss dan Pegunungan Alpen.

Pucuk Matterhorn mempunyai bentuk yang unik yaitu mirip piramida dengan empat bagian. Ke empat bagian itu semasing mempunyai nama yakni Hörnli, Furggen, Leone, serta Zmutt. Walau mempunyai bentuk pucuk yang unik dan pemandangan seputar yang begitu cantik, tapi Matterhorn adalah satu diantara pucuk yang paling mematikan di dunia. Semenjak era ke-19, tertera paling tidak lebih dari 500 pendaki yang wafat dalah usaha mereka untuk sampai pucuk ini.

Zermatt, Swiss Kota paling dekat untuk sampai Matterhorn ialah Zermatt, yang bersebelahan dengan canton Valais di samping utara. Sesaat di samping selatan, kota kecil ini bersebelahan dengan Breuil-Cervinia, satu diantara kota Italia yang terdapat di Aosta Valley. Di samping Matterhorn ada Theodul Pass, jalan penting yang menyambungkan lembah utara serta lembah selatan pucuk ini. Zermatt tersambung dengan Visp lewat jalan kereta Matterhorn Gotthard Bahn, dan dengan St. Moritz lewat jalan kereta Glacier Express.

4. Rigi
Rigi, Swiss - photo oleh Chin tin tin Rigi, atau Mount Rigi, adalah pegunungan yang terdapat di daerah tengah Swiss. Pegunungan ini adalah sisi dari Schwyzer Alps, dan dikelilingi oleh 3 danau yakni Danau Luzern, Danau Zug, serta Danau Laurez. Ruang Rigi terdiri ke 2 daerah canton yakni Schwyz serta Luzern. Pucuk paling tinggi di pegunungan ini ialah Rigi Kulm (1.798 m) yang terdapat canton Schwyz. Semua ruang pegunungan ini begitu popular di kelompok pelancong baik pada musim dingin atau pada musim panas.

Rigi Bahnen, Swiss Rigi Kulm dan beberapa ruang di sekelilingnya, seperti resort Rigi Kaltbad, dilewati oleh satu diantara jalan kereta pegunungan paling tua di Eropa, yakni Rigi Bahnen. Jalan itu terdapat antara dua bagian Danau Luzern, dan diawali dari Arth-Goldau serta selesai di Vitznau. Tidak hanya dengan kereta, ruang Rigi dapat juga diraih dengan gondola serta cable-car.

Baca juga : peta jalan ke sumber maron dan river tubing sumber maron

5. Pilatus
Pilatus, Swiss Sama dengan Rigi, Pilatus atau Mount Pilatus, adalah jejeran pegunungan yang terdapat di pinggir Danau Luzern, daerah tengah Swiss. Ruang pegunungan ini terdiri ke di 3 daerah canton yakni Obwalden, Nidwalden, serta Luzern. Pilatus tersusun oleh beberapa pucuk, yang paling tinggi ialah Tomlishorn (2.128 m), yang terdapat seputar 1,3 km di samping tenggara stasiun kereta Pilatusbahn (PB). Dua pucuk penting yang lain ialah Esel (2.118 m) yang terdapat pas di samping timur stasiun, dan Oberhaupt (2.105 m) yang terletak di samping barat stasiun.

Pilatus, Swiss Pilatusbahn sendiri adalah jalan kereta cogwheel yang tempatnya paling terjal di penjuru dunia. Pada bulan Mei sampai November, jalan itu bekerja mulai dari Alpnachstad. Sesaat gondola serta cableway bekerja selama tahun mulai dari Kriens. Pada musim panas, pengunjung biasanya lewat jalan wisata yang diketahui dengan panggilan “Golden Round Trip”. Jalan itu diawali dengan seberangi Danau Luzern dengan perahu ke arah ke Alpnachstad, lalu naik ke pucuk dengan kereta cogwheel, lalu menuruni pegunungan dengan cableway atau gondola, serta disudahi dengan memakai bis kembali pada Luzern.

Nah rekan-rekan, demikian 5 gunung cantik di Pegunungan Alpen Swiss yang seringkali didatangi oleh beberapa traveler di Swiss. Mudah-mudahan berguna! Sampai jumpa di trip selanjutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar